top of page
  • Writer's picturethinkarchipelago

Penggerak Industri Lokal di Tahun Kerbau Logam


Dikenal juga sebagai Hari Raya Musim Semi, Imlek menandakan datangnya musim semi, yang mana perayaannya dimulai dari tanggal 1 dan akan berakhir pada tanggal 15 pada Cap Go Meh.


Selama 15 hari tersebut masyarakat yang merayakan Imlek melakukan ritual religius dan budaya, tak lupa saling berkunjung ke rumah saudara dan kerabat dekat. Demikian halnya di Indonesia, sejak dijadikan hari libur nasional pada 2003, tradisi perayaan Imlek semakin berakulturasi dengan budaya lokal di Indonesia.


Sebut saja di Depok, warga etnis Tionghoa mendatangi Vihara Gayatri. Di sini, Imlek dirayakan dengan mandi bersama di sumur tujuh lubang. Sumur-sumur ini dipercaya memiliki kekuatan mendatangkan rezeki, jodoh, bahkan bisa menyembuhkan penyakit.


Di Riau, ada tradisi Perang Air di Riau atau disebut dengan Ciancui. Sementara perayaan Imlek di Singkawang, Kalimantan Barat, akan menampilkan Pawai Tatung. Tatung adalah atraksi sejenis debus di mana pada saat perayaan orang-orang yang kemasukan arwah leluhur akan berpawai.


Di Semarang, dibuka pasar malam yang menyuguhkan beragam kuliner dan budaya Tiongohoa. Masih di Jawa Tengah, Grebeg Sudiro adalah perayaan Imlek ala warga kota Solo. Sementara di Yogyakarta digelar pekan budaya Tionghoa.


Unsur Logam dan Tanah


Berdasarkan kalender China, tahun 2021 merupakan tahun kerbau logam yang bersifat Yin (negatif), berunsur logam kecil dan kerbau tanah. Logam kecil diibaratkan perhiasan, pisau, dan segala elemen mengandung logam. Sedangkan tanah diibaratkan alam. Tahun kerbau logam akan dimulai saat perayaan tahun baru China atau Imlek pada 12 Februari 2021 dan sebagai tahun pergantian dari tikus logam ke kerbau logam.


Menurut beberapa pakar Feng Shui, kondisi Indonesia akan membaik di semester II 2021. Termasuk perekonomian melalui industri manufaktur. Sektor yang berpotensi menguntungkan di tahun ini akan berkenaan dengan tanah, yakni properti, hasil bumi, pertanian dan manufaktur, di mana salah satunya yang menjadi tulang punggung nasional tak lain adalah industri alas kaki.


Meski demikian Kementerian Perdagangan menginfokan bahwa sektor manufaktur nasional saat ini masih memerlukan pendalaman struktur dan kemandirian bahan baku. Sektor manufaktur diprediksi tumbuh hingga 3,95 persen pada 2021. Hanya saja masih perlu digenjot dari sisi pemasaran dan promosi berbasis digital.


Peluang industri sepatu safety dalam negeri di tahun baru


Sebagai salah satu safety shoes terbaik buatan Indonesia, Track Raktayoo semakin giat berinovasi di tahun kerbau logam dengan memperkenalkan sejumlah model baru sepanjang tahun 2021, menambah ragam pilihan sepatu pengaman yang sesuai dengan beragam kegiatan kerja.


Termotivasi untuk maju di tahun baru meski masih didera pandemi, Track Raktayoo berkomitmen mendukung upaya pemerintah Indonesia menggerakkan roda ekonomi nasional melalui tulang punggung industri dalam negeri seperti konstruksi dan pertambangan, sekaligus mengampanyekan pentingnya penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).


Industri pertambangan Indonesia. Courtesy of Shutterstock.

Sektor pertambangan yang menjadi salah satu pasar besar Track Raktayoo, dinilai beberapa pengamat masih akan naik daun, di antaranya adalah nikel. Data dari United States Geological Survey (USGC) tahun 2019 menempatkan Indonesia sebagai negara produsen nikel terbesar di dunia, dengan cadangan biji nikel sebanyak 21 juta ton dan produksi 800.000 ton per tahun.


Data ini disambut positif oleh CEO produsen mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla Elon Musk yang kabarnya akan membangun pabrik baterai di Indonesia. Sebelumnya, Indonesia telah merangkul investor asing membuka pabrik smelter nikel di Sulawesi Tenggara pada 2019.


18 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page