top of page
  • Writer's picturethinkarchipelago

Tips memilih outsole sepatu yang tepat sesuai pekerjaan

Updated: Nov 22, 2021

Sekilas tampak bahwa semua sepatu memiliki sol yang sama saja. Padahal jika dicermati, sol atau outsole terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya outsole karet yang relatif berat, atau polyurethane (PU) yang ringan.


Dalam rentang waktu panjang, eksperiman, riset dan pengembangan yang berkelanjutan di industri sepatu telah membawa peningkatan performa outsole, di mana PU semakin digemari karena selain ringan, terdapat efek cushioning yang jauh lebih nyaman.


Outsole PU juga kini semakin popular digunakan di sepatu safety, menyaingi jenis sepatu safety bersol karet yang sudah popular terlebih dahulu. Namun bagaimana cara memilih outsole sepatu yang terpat sesuai jenis atau lingkup pekerjaan?


Bagi mereka yang beraktivitas di tempat kerja berisiko tinggi terjatuh karena lantai licin, seperti tamu yang berada di lokasi proyek, para pekerja konstruksi, tambang, otomotif, hingga juru masak dan staf dapur restoran, akan memperoleh faktor keamanan yang luar biasa setelah memakai sepatu safety bersol PU.


Namun outsole karet memiliki kelebihan dari sisi grip terhadap lantai yang tercecer minyak turunan bahan bakar (mineral oils), seperti bensin. Demikian juga untuk tempat kerja yang luas areanya kecil, sehingga tidak membutuhkan aktivitas berjalan kaki jauh, pekerja yang berada di dua kondisi kerja di atas, seperti di SPBU, logistik, transportasi, cocok menggunakan sepatu safety bersol karet.





留言


bottom of page