top of page
  • Writer's picturethinkarchipelago

Toe Cap, "Si Kiper" Andalan K3

Updated: Dec 12, 2022





Ciri khas paling menonjol dari safety shoes tak pelak adalah fitur pelindung di ujung kakinya atau disebut sebagai toe cap. Ibarat sebuah kesebelasan sepak bola, toe cap adalah penjaga gawang atau kiper. Jika kiper adalah pertahanan terakhir agar tim tak menderita kebobolan, toe cap adalah perlindungan keselamatan dari terpaan, hantaman, dan himpitan benda-benda berat yang dapat menimpa kaki pemakainya.


Dilihat dari jenisnya, toe cap terbagi menjadi steel toe cap yang terbuat dari baja, dan composite toe cap yang terbuat dari bahan non metal, seperti fiberglass, serat karbon atau plastik.


Baja lebih kuat dari komposit meski pun toe cap baja yang diaplikasikan di sepatu pengaman lebih tipis. Jenis pertama ini telah digunakan sejak tahun 1930-an dan tetap populer hingga sekarang karena persepsi umum atas tingkat perlindungannya yang telah lama terbentuk, dan harganya yang lebih terjangkau. Toe cap baja dapat menghantarkan suhu dan listrik.


Sementara composite toe cap lebih ringan karena materi bahan bakunya yang lebih lunak. Hal ini membuat pemakaiannya terasa nyaman dan tidak cepat lelah sepanjang beraktivitas. Jenis kedua ini juga tak menghantarkan suhu dingin maupun panas.


Sepatu kerja yang tidak mengandung logam praktis digunakan untuk pekerja bidang kelistrikan yang berpotensi tinggi terpapar bahaya listrik, atau tempat kerja dengan akses masuk yang dilengkapi alat detektor metal, seperti pengadilan, bandara, gudang penyimpanan khusus, atau gedung perkantoran dan pemerintahan.


Meski pun riset terhadap bahan komposit semakin marak, tak dapat dipungkiri bahwa hingga saat ini toe cap baja masih mendominasi sepatu safety di dunia. Diciptakan Jerman sejak berakhirnya Perang Dunia 2, saat ini toe cap berkualitas hanya diproduksi oleh beberapa negara, yaitu Jerman, China, dan Indonesia.


Semua model sepatu safety Track Raktayoo dilengkapi toe cap sesuai standar umum terhadap safety shoes, di mana persyaratan utama yang telah terpenuhi adalah penggunaan steel toe cap yang tahan terhadap impact berkekuatan 200 joules.


Selain itu, penggunaan bahan baku toe cap dalam negeri membuat merek sepatu pengaman dalam negeri ini lebih terjangkau, dan lebih menjangkau banyak wilayah di Indonesia karena jaminan pasokan bahan baku yang stabil.


Track Raktayoo kini tengah mengembangkan pengaplikasian composite toe cap dalam beberapa model ke depannya agar dapat memberikan ragam fitur K3, khususnya perlindungan kaki, kepada para penggunanya di mana pun beraktivitas.

Comments


bottom of page